Bagaikan Pohon Kurma

Posted by Unknown on Senin, 15 Juli 2013

Rasulullah saw bersabda: "Sesungguhnya ada diantara pepohonan, satu pohon yang tidak gugur daunnya. Pohon ini seperti seorang muslim, maka sebutkanlah kepadaku apa pohon tersebut?" Lalu orang menerka-nerka pepohonan wadhi. Berkata Abdullah: "Lalu terbesit dalam diriku, pohon itu adalah pohon kurma, namun aku malu mengungkapkannya". Kemudian mereka berkata: "Wahai Rasululloh beritahulah kami pohon apa itu?" Lalu beliau menjawab: "Ia adalah pohon kurma". (HR. Bukhari)

Seorang Mu'min bagaikan pohon Kurma, yang daunnya tidak pernah berguguran dan selalu melekat pada pohonnya. Hal itu sama dengan orang Mu'min yang iman dan ketakwaannya selalu melekat pada dirinya, dimanapun dan dalam keadaan apapun.

Pohon kurma mempunyai buah yang manis dan banyak manfaatnya. Begitupun seorang Mu'min harus mempunyai prilaku dan tutur kata yang baik dan dapat memberikan manfaat yang sangat luas.
Pohon yang berbuah kurma sangat mudah dijangkau, karena itulah seorang Mu'min tidak pelit dan mudah dalam memberikan manfaat bagi sesama.

Pohon kurma adalah satu-satunya pohon yang tahan akan badai dan gelombang, begitupun seorang Mu'min adalah orang yang sabar atas segala cobaan yang menimpanya dan tegak berdiri dalam menjalani kesulitan hidup.  merupakan pohon yang bisa bertahan walaupun tumbuh dalam lingkungan yang kurang air. Begitupun seorang Mu'min yang tidak akan menggadaikan aqidahnya hanya dengan iming-iming makanan walaupun dirinya merasa lapar. 

Pohon kurma juga merupakan pohon yang sedikit membutuhkan perawatan, namun memberikan manfaat yang sangat banyak. Begitupun seorang Mu'min, lebih banyak memberikan manfaat ketimbang mengambil manfaat dari orang lain.

Tentunnya pohon kurma adalah salah satu pohon yang hampir keseluruhan bagiannya bisa dimanfaatkan, dari mulai buah, pangkal, batang, daun, pelepah dan bijinya. Begitupun seorang Mu'min semua hal dalam dirinya dapat mendatangkan kebaikan dan manfaat bagi orang lain.

{ 0 comments... read them below or add one }

Posting Komentar